jogja…..malam itu

November 21, 2007

malem itu saya dan pacar saya berjalan2 sekalian beli makan di jalan jend.sudirman.

kawasan yang sangat padat dengan aktivitas bisnis itu kali ini sangat sepi

maklum saja….baru turun hujan. sedangkan kita tahu kalau jogja adalah kota motor…walhasil sepi lah jogja malem itu.

saya teringat pada seseorang yang ingin di upload foto2 keadaan jogja..dsc02442.jpg

saya pinjam lah hp pacar saya…dan ini hasilnya..

nanti nyusul foto2 yg laindsc02441.jpg

dsc02444.jpg

gambar no 1 n 2 gambar di jalan sudirman….biasanya macet n rame…pas lg sepi aja nih

gambar no 3 di jakal…tuh gambar bank bni…saya ambil dr bank mandiri

kawasan ini kalo siang paling padeeettttt…maklm bis2 pada seenaknya..

malem juga rame..tp ga serame siang


hujan lebat……

November 13, 2007

hujan lebat melanda jogja senin sore…saya termasuk ditengah2 badai sore itu….

angin besar terasa berputar di atas langit jogja,hujan lebat juga tak mau kalah, derasnya membasahi bumi jogja…beberapa pohon tumbang. saya saat itu lupa membawa jaket hujan kesayangan saya…walhasil basah kuyup lah saya.

dalam kondisi lelah kuliah saya menembus hujan dan angin dengan vega milik pacar saya. maklum aja, jupeMX kesayangan lagi ga ada bensinnya.

dengan kondisi kedinginan, konsentrasi saya buyar…jaket kulit saya tak mampu menahan dinginnya jogja sore itu. apalagi celana saya hanya celana jenas biasa. tentunya dalam kondisi inilah bikers banyak yg terjatuh. konsentrasi buyar, tubuh menggigil kedinginan. hujan menerpa wajah. nah sekarang jelas donk…kaca helm yg baik fungsinya buat apa. minimal wajah kita ga kena air hujan. lumayan meningkatkan konsentrasi kita saat berkendara. jaket yg baik juga lumayan menjaga suhu tubuh saat hujan. kalau saat kemarau, menjaga tubuh agar tak dehidrasi penting, jika saat hujan, tentunya tubuh jangan sampai kedinginan.  cara kita mengerem juga jangan sampai sama dengan saat tak hujan. menurut Motorplus, kita harus mengerem 50-50. 50% rem depan, 50% rem belakang. pentingnya grip ban yang masih bagus juga sangat terasa. kalau ban botak, sudah pasti akan sangat licin saat menapaki aspal basah.

sesampainya dirumah, saya mendengar kabar….reklame yamaha kaliurang rubuh. untunganya tak mengenai seorangpun karena tertahan kabel listrik. karena itulah jogja memadamkan lampu sampai malam hari, khusunya blok jakal km 6,5 kebawah. semoga saja tak ada yg terluka. saya dengar juga beberapa daerah di gondokusuman banjir karena hujan deras sore itu. alhamdulillah saya selamet, tanpa kejatuhan pohon atau ranting satupun.

saya hanya berharap kita lebih waspada saat musim hujan yg seperti ini…hati2 pohon dan tiang2 disekitar anda.. kita perlu waspada ekstra

semoga semua selamat sampai tujuan..Amien


hujan datang……..apa aja yg disiapin?

November 6, 2007

hujan dah melanda jogja selama 6hari berturut2….

padahal seminggu yg lalu masih panas njeplak…….

so karena hujan yg sangat tidak bersahabat ini…apa aja sih yg harus disiapin kita2 menyambut datangnya sang hujan yg membuat jogja n kota2 yg lain menjadi sejuk ini

lampu2…periksa lagi kondisi penerangan motor kita….siapa tau ada sein (riting kalo bahasa jawa) lampu utama, atau stop lamp yg mati.  dari motornya dulu deh….:

ban…..jangan sampai gundul…ketebalan grip harus diperhatikan nih…jangan sampai jalan licin membuat kita gedubrak dijalan.

spakbor..: saya ga tau bahasa aslinya nih part, tp saya harap motor2 modif yg mencopot part ini memasangnya lg, kasian motor dibelakang, kena cipratan aer kotor dr sampeyan.

spion kudu dua biji….inget postingan saya….2 aja kurang (artikel motorplus) apalagi satu….saat hujan konsentrasi kita cenderung terbagi2..kepada jalan, hujan, dingin yg mendekap tubuh, n sama kendaraan yg disekitar kita. nah kalo ga ada spion yg memadai..wahhh apa jadinya

karbu…jgn copot saringan udara….bisa mogok motor sampeyan2 nanti….suara emang keren (menurut beberapa orang..saya sih nggak nganggep gitu) tp karbu cepet kotor, walhasil pembakaran ga sempurna, kebanyakan udara yg masuk sistem pembakaran. apalagi hujan…aer yg masuk…mogok. yg lbh parah bisa2 mesin jebol kebanyakan aer…mau???

pokoknya sihh, intinya jangan malu make motor standar….ga cupu ko…tp safety ride

dr diri sendiri…

jas hujan: penting nih…menghindari masuk angin n basah dll…..pake jas ujan yg bener..pake yg model jaek celana, jgn make yg model ponco, bahaya kalo kena orang lain atau nyangkut di ban belakang. saya pernah melihat dengan mata kepala saya sendiri, ponco yg dipakai seorang bikers nyangkut pada motor sebelahnya…walhasi keduanya gedubrak….mana ngebut lg……kasian saya liat mereka berdua.

helm…pakai yg berkaca, sakit jika wajah terkena rintikan hujan. konsen jd ga ada. pakai kaca yg bening atau smoke masih bisa ditolelir lah…tp yg penting anda sendiri yg bisa mengukur jelas atau tidaknya penglihatan anda saat memakai kaca helm itu. kalau pemakai helm berkaca tentu tau resiko saat hujan, nafas menjadikan kaca helm menjadi berkabut, bisa semprotkan anti kabut pada kaca helm, atau yg paling mudah rubah cara bernafas anda….dr yg biasanya membuang horizontal memnajdi vertikal ke bawah. dengan mulut. ….yap buang nafas dengan mulut ke arah bawah, dengan begitu tak ada kabut yg menjadikan helm kita kabur..

jaket juga penting, jika saat kemarau biasnya kita berkendara dengan jaket yg tipis agar tidak dehidrasi, kalau hujan pakai yg tebal n berbahan anti air. parasut menjadi bahan yg paling murah n mudah ditemukan.

sepatu, jangan make sendal jepit….kaki menjadi lebioh licin…resiko tak bisa menginjak rem n memindah gigi. pakai bahan kulit atau karet, jangan bahan sepatu kets yg menyerap air.

dan yang paling penting adalah perilaku berkendara kita, jangan main selap selip sembarangan….dewasa laaah…

kecuali lg kebelet boker atau istri anda melahirkan……kalo itu sih tawakal aja….terus berdoa, tp tetep ati2 yeeee

smoga kita semua selamet sampe tujuan


laporan mudik yg telat

November 6, 2007

minal aidin wal faidzin semuanya…

maaf rada telat mulai nge-blog lg…maklum cewek saya lg sibuk ujian n kerjain tugas…jd yah saya bantuin dong sebagai pacar yg baik..hehehehe

seperti yang saya janjiin sebelum mudik ke serang…ini laporan mudik saya..

jalur selatan: bis yang saya tumpangi sama pacar saya melewati jalur ini, jadi jalur ini yg saya bisa laporin, sebenernya lbh enak jalur selatan ketimbang pantura kalo saat mudik, karena lebih lancar. saat saya mudik ga pernah ada macet sdikit pun. sampai jakarta aja masih subuh banget, walhasil bis putra remaja yg bertujuan lampung (saya naik yg kelampung tp turun di merak) sampai di merak masih sangat subuh yaitu jam 5.

merak: karena waktu itu masih pagi buta, jadi masih sedikit orang2 yang sudah melakukan aktivitas. penglihatan saya sih masih tertuju pada bis yg membawa pacar saya memasuki pelabuhan merak…hiks2

oya….pungli….masih banyak banbget pungli disini…kata kernet bis, biasanya seribu satu bis,sekarang naik menjadi 2rb perak. lumayan, coba aja kalikan dengan banyaknya bis n truk yg lewat merak. tajir mampus tuh oknum dep. perhubungan.

cilegon: sampai cilegon dengan naik angkot, saya berhenti di depan bni jombang kali. karena mau mampir ke tempat temen dekat saya, romi. sembari menunggu agak siang (takut romi blom bangun) saya memperhatikan lalu lintas cilegon saat itu. lumayan banyak perkembangan. banyak orang memakai helm yg safe. dulu saat sma, hampir ga ada orang make helm yg bener2 safe. tp kekaguman saya langsung berubah saat hari semakin siang. helm2 yg tadinya sangat aman nangkring diatas kepala pada bikers itu berubah manjadi helm2 seadanya. kalo bisa saya gambarkan, seperti helm sepeda or skateboard, tp dr bahan plastik murahan. anehnya polisinya juga make helm itu. tp masih lumayan lah…sekarang orang yg dibonceng juga memakai helm. dulu?? ga ada cerita tuh yg dibonceng memakai helm. payah abis. anak kecil juga sudah menggunakan helm, lumayan. nanti2 juga pada sadar helm yg baik itu seperti apa.

serang: wah sesampainya diserang…sudah malem…maklum waktu itu buka puasa bareng anak2 smp dulu..serang menjadi kota yg paling saya sebelin…padahal inilah kota saya,huuhhhh

perempatan sumur bor menjadi perempatan yg paling parah…saya masih saja melihat orang2 menerobos lampu merah. sudah begitu mereka ga ngerasa salah. malah saya dan romi yg menunggangi vixion baru romi sempet hampir tertabrak oleh suami istri yg menerobos lampu merah, kesalnya lg sang istri memberi jari tengah kepada kami. what the *#@!….

bogor: sempat main ke kota hujan ini…..sayangnya kesan yg diberikan sangat tidak mengesankan. dekat toko yg menjual roti unyil….(saya ga tau nama jalannya) saya melihat bapak..ibu..n 2 anak kecil naik motor tp ga ada satupun yg menggunakan helm ASTAGHFIRULLAH…..

jakarta: sepulang dr bogor….saya n keluarga tentu melewati jakarta, ibu kota indonesia tercinta ini. saya shock melihat kondisi lalu lintas jakarta. bisa mati berdiri kalo saya bener2 tinggal disini, sekalian salut sama pejuang2 jakarta yg harus melintasi medan peperangan setiap brangkat n pulang dr aktivitasnya.

saya makan di dapur sunda…ga tau di kawasan mana, yg jelas macetnya naudubillah… ada ruas busway lg dibangun…bikin makin macet..

sampe dapur sunda….setelah macet berjam-jam…jam buka puasa dah lewat. tp alhamdulillah dah booking tempat, jd maem deh.

pulang dr situ….macet lg…….haaaaaaaa stres ngebayanginnya

o iya…saya sempat melihat salah satu anggota klub motor yg sangat tdk respect…saya lupa apa nama klubnya yg jelas tiger….motornya modifan abis, gaya sport turing gitu…lgkp dengan handguard ala trail segala. tp lampu belakang mati, karena itu malam hari tentu sangat tidak safe kalo lampu mati, siang aja ga safe.  udah gitu jalannya parah banget, serobot kanan kiri, malah dia sempet ngenggol mobil BMW x5 baru……untungnya macet, kalo ga dia bisa dituntut berjuta2 tuh,. karena macet…lecet di bmw pun ga bisa diapa2in…motor yg kurang hati2 ini menghilang…..

saya mah hanya berharap nanti2 saya pulang ke serang lg…semua sudah jd lebih dewasa dlm berkendara…..amien


spion……siapa bilang ga penting

October 24, 2007

spion…salah satu peranti keselamatan ini sering kali diremehkan oleh pengguna speda motor…maklum aja bentuknya yang standar bawaan pabrik memang terlalu culun. tapi culun2 gitu banyak fungsinya bos…

coba aja spion bawaan pabrik di lepas n diganti dengan produk variasi…pasti ada kejanggalan…ya memang pandangan ke belakang menjadi sangat terbatas. memakai spion standar saja banyak titik buta (blind spot) yang kita tak bisa leluasa memandang ke arah belakang. apalagi jika menggantinya dengan produk variasi yang cenderung lebih kecil dan bahkan bukan kaca cembung..ada penelitian yang menyebutkan bahwa kaca spion yang dipasang standar yaitu 2 buah kiri dan kanan masih kurang untuk menutupi blind spot yang ada. kalau dua saja kurang bagaimana mungkin kita tega hanya memasangnya hanya satu di kanan saja sesuai dengan anjuran minimal dr kepolisian.

ga apalah kita dibilang culun. yang pnting nyawa kita sedikit lebih aman dari pada yang meledek kita itu..


pamit sebentar

October 3, 2007

saya mau mudik…..berhubung selama ini ngenet gratis dikampus pacar saya dgn wi-fi n laptop punya dia juga..hehehhehehe

jd……saya mau pamit..mudik tgl 5….balik lg tgl 21..semoga setelah itu silaturrahmi kita berlanjut lg…sekalian mau liat safety riding di cilegon n serang yg katanya maju pesat..(biasanya yg make helm yg depan doang…polisi tau juga cuek)

insyaAllah saya juga mau tampilin beberapa gambar saat mudik….buat laporan nanti…

so…mariii……makasih saya yg sebesar2nya buat yg udah dtg berkunjung ke blog saya yg masih sedikiiiiit bgt ini isinya..

apalagi yg dah komen…matur sembah nuwun

saya doakan kalian yg muik selamet n ktmu ma keluarga di kampung….salam buat keluarga disana yahh bro semua


ayam bakar bu tuti

October 2, 2007

kalo mahasiswa upn pasti tau rumah makan ini…

letaknya memang deket asma upn….ga heran banyak mahasiswa upn disini nongkrong sambil ngeceng n ngisi perut di rumaha makan ini..

selain murah..masakannya enak

cenderung mirip nasi padang….tp dengan penyajian yg beda…soal rasa…lbh enak disini drpd rumah makan padang yg biasa.

lucunya pelayannya orang bengkulu semua..

pemiliknya orang jawa barat… nah lhooo

ada dua rumah makan bu tuti…semuanya di jalan yg sama… deket sd muhammadiyah

cari aja…pasti ga nyesel..


hot meal……alternatif menu from asia

October 2, 2007

dah pernah ke jogja?

kalo udah….berkunjung ke amplas alias ambarukmo plaza ga?

kalo iya….dah liat yg lantai bawah..dimana surga makanan ada disana…kalo ga salah lantai LG.

yupp disana ada tempat kesukaan saya n pacar saya kalo makan…(kalo lg banyak uang)

hot meal…. menunya macem2 bos…

cenderung ke asia……ada makanan india…cina..jepang.macem2 dehh

coba aja dateng ke sana…….dijamin punya pengalaman lidah yg baru… saya sendiri sudah coba beberapa menu andalan mereka

salah satunya nasi bakar huan zhu,…kalo ga salah namanya itu..

enak…plusss buanyaaaakk porsinya.dijamin orang2 kelaperan setelah muter2 amplas yg luas pasti kenyang..

minumannya saya cenderung memilih drew berry more..

campuran kopi…blue berry…susu…n ga tau apalagi

yg jelas enakkk

coba aja ke sana


soto surgopuro…..

October 2, 2007

soto yang letaknya dijalan kaliurang km 13.5 ini memang sangat ramai dikunjungi mahasiswa saat makan pagi dan siang…

ga cuma mahasiswa….dr yg kecil sampe yang tua juga banyak banget yg dateng…maklum saja..soto daging yang murah n enak cuma ada disini..

soto pak soleh yang katanya terenak di jogja juga kalah…MURAH

soto kadipiro….seger siih tp mahal juga hehehehehe

jadilah soto surgopuro ramai dikunjungi orang..

foto blom bisa diupload..krn memang blom foto hehehehe…

lagian masih bulan puasa….nanti ngiler


safety….it’s a must

October 2, 2007

saya prihatin dengan apa yang saya liat di kota yang menjadi kesayangan saya ini…

yupp jogja memang kota berbudaya…sayang budaya tidak safety dalam berkendara juga sangat kental

lihat saja…beberapa anak sekolah asik bercanda….DI JALAN….sambil berkendara lagi

spion hanya dipasang sebelah kiri…(polisi sudah memperingatkan untuk pasang yang kanan…minimal)

berkendara sambil merokok

mengobrol dengan motor sebelah…tanpa perhatikan pengguna jalan yang lain

tidak mau mengalah saat melihat ada orang,motor lain, atau mobil mau menyebrang…

helm??? jangan ditanya….helm catok alias helm ciduk….masih banyak penggemarnya di jogja…giliran jatoh…kepala bocor sudah pasti…..salah siapa?

 lampu merah? banyak yang tidak perduli..apalagi di daerah yang agak pelosok…lampu merah hanya hiasan jalan raya saja…

jangan lupa…penggunaan ban kecil di jalan raya sangat tidak dianjurkan…ban ini khusus balap drag…bukan untuk di jalan..sayangnya virus modifikasi yang salah ini menyebar luas…giliran belok tajam…pelek kena jalan…pengemudi kehilangan keseimbangan dan…GEDUBRAAKK

kalo ga kena pengendara yg lain sihh terserah…kan dia yg salah…kalo mati yah urusan dia sendiri…tp kalo pengendara yg dibelakang kena imbasnya…wahhhh kasian tuuh bos

semoga saja…..banyak orang yang mulai sadar..

sebab safety riding course yang diadakan oleh beberapa dealer motor hanya untuk kalangan tertentu saja…itupun blom tentu yg mengikuti kursus safety riding menerapkannya di jalan…

doa saya semoga jogja menjadi kota yang semakin berbudaya…

tak hanya budaya jawanya saja…tp di jalan raya juga